Kamis, 16 September 2010

Memulai J2ME

Sebelum memulai pemrograman J2ME ada dua software utama yang harus kita install ke komputer, yaitu software J2SE SDK dan software J2ME Wireless Toolkit. Kedua software ini dapat didownload secara gratis di website Java Sun Microsystem (disini). Silakan cari dan download versi terbaru dari sofware tersebut. Pada saat menulis tulisan ini, saya menggunakan Java (TM) SE Runtime Environment dan Java (TM) Wireless Tollkit version 2.5.2. Berikut penjelasan singkat mengenai kegunaan software-software tersebut.

J2SE SDK. Mengapa J2SE SDK? J2SE SDK menyediakan suatu platform pada komputer yang dibutuhkan agar program java dapat berjalan pada komputer. Platform J2SE dipilih karena merupakan edisi Java 2 yang paling lengkap, sehingga nantinya platform yang dibangun dapat digunakan untuk semua edisi Java 2 (J2SE, J2EE dan J2ME). Nama SDK (Software Development Kit) merupakan seri baru untuk Development Kit pada Java 2. Sebelumnya pada Java 1, disebut JDK (Java Development Kit). Software Wireless Toolkit yang akan kita install selanjutnya juga berjalan di atas platform Java, sehingga jika J2SE SDK ini belum terinstall, maka Wireless Toolkit tidak akan bisa dijalankan.

Alasan kedua menginstall J2SE SDK adalah untuk menyediakan kompiler bagi program java. Seperti halnya bahasa pemrograman yang lain, bahasa Java (J2ME) memiliki suatu kompiler tersendiri yang berfungsi untuk melakukan kompilasi terhadap objek atau aplikasi yang kita bangun dan J2SE SDK menyediakan kompiler tersebut.

J2ME Wireless Toolkit. Software wireless toolkit adalah suatu software emulator handphone yang berisi sekumpulan alat bantu yang digunakan untuk membangun dan mensimulasikan jalannya aplikasi-aplikasi J2ME di komputer. Wireless Toolkit akan membangun suatu aplikasi handphone berupa file JAD atau JAR, berdasarkan source code java yang telah kita buat pada software text editor. Selain itu software ini sangat membantu untuk melihat hasil aplikasi yang kita bangun sebelum menjalankannya di handphone.

*Sun Java (TM) Wireless Toolkit for CLDC version 2.5.2; **Emulator phone

Selain kedua software di atas, ada beberapa software lain yang bisa digunakan untuk mempermudah pemrograman J2ME. Salah satunya adalah Netbeans. Software Netbeans berfungsi seperti layaknya text editor, bisa digunakan untuk membuat source code dalam bahasa Java dan kemudian mengcompilenya. Salah satu kemudahan yang dimilikinya adalah adanya sistem penjabaran class dan objek yang terstruktur dengan baik dan rapi, sehingga kita bisa melacak suatu class dan objek pada program dengan mudah. Pada Netbeans, kita juga dapat dengan mudah membuat fitur user interface pada perangkat aplikasi J2ME, seperti form, textbox, dsb. Software Netbeans ini juga dapat didownload dari web Java Sun Microsystem (disini).

Selamat mencoba !! :)

1 komentar: